Kata Pengantar

Bacalah !

Download Software Full Version (password : blog6969blog.blogspot.com)

Kata Pengantar


Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah Nya, sehingga "Blog Bacalah!" Ekonomi ini dapat kami publikasikan.

Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi. Pembelajaran ilmu ekonomi di SMA/MA hanya dibatasi dan difokuskan pada fenomena empirik ekonomi yang ada di sekitarmu, sehingga kamu dapat merekam peristiwa ekonomi yang terjadi.

Setiap manusia pasti mempunyai kebutuhan dan keinginan. Mana yang lebih penting, kebutuhan atau keinginan? Berbagai usaha kita lakukan untuk memenuhi keinginan. Keinginan memang menjadi motivator dalam hidup kita. Namun, apakah kita harus memaksakan diri memenuhinya dengan pengorbanan yang tidak wajar? Berbeda dengan kebutuhan. Coba bayangkan, apa jadinya jika kebutuhan tidak terpenuhi. Fenomena menyedihkan tentangnya sering kali kita temukan. Saatnya ini menjadi pelajaran bagi kita. Bahwa di tengah hasrat pemenuhan kebutuhan dan keinginan, ketersediaan sumber daya membatasinya. Hidup penuh pilihan. Antara kebutuhan, keinginan, dan keterbatasan sumber daya. Prioritas menjadi penting. Untuk menjatuhkan pilihan yang cerdas, rasional, dan bertanggung jawab bukan sesuatu yang mudah. Dibutuhkan pemikiran tentang diri kita. Apa yang sebenarnya kita butuhkan, upaya apa yang bisa kita lakukan untuk meraihnya? Inilah yang menjadi roh pembelajaran ekonomi.

Pada hakikatnya, ilmu ekonomi mempelajari perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Konsep, prinsip, dan teori ekonomi akan membantu dalam memecahkan masalah-masalah dalam masyarakat — khususnya yang berhubungan dengan ekonomi — apabila digunakan dengan metode yang tepat dan secara kritis.

Posting pada Blog Bacalah bisa anda copy / paste sesuai dengan keperluan untuk kepentingan pembelajaran Ekonomi dan menambah wawasan siswa untuk menambah pemahaman dalam pembelajaran ekonomi.



Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner